header-int

Sosialisasi Jabatan Fungsional Dosen PTS Kalsel-Teng oleh Kopertis Wilayah XI Kalimantan

Kamis, 12 Jul 2018, 10:08:48 WIB - 49 View
Share
Sosialisasi Jabatan Fungsional Dosen PTS Kalsel-Teng oleh Kopertis Wilayah XI Kalimantan

Banjarmasin - Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan pengetahuan tentang jabatan karir dosen , Kopertis Wilayah XI Kalimantan melaksanakan Sosialisasi Jabatan Fungsional Dosen PTS Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah di Banjarmasin. (28/6)

Acara ini dibuka oleh Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan yang diwakili oleh Kepala Sub Kepegawaian Kopertis Wilayah XI, Bapak Imam Suharto. Pada sambutannya, Bapak Imam Suharto menyampaikan pesan Prof. Idianor Mahyudin selaku Koordinator Kopertis Wilayah XI yang mengatakan bahwa pentingnya pengetahuan dosen akan jabatan karir dosen, karena hal ini merupakan target sasaran dosen dalam pelaksanaan kegiatan Tri Dharma nya di Perguruan Tinggi. Selain itu, kegiatan ini adalah bentuk perhatian dan pembinaan oleh Kopertis Wilayah XI Kepada dosen-dosen yang bernaung dibawah Kopertis XI baik itu dosen Tetap Yayasan atau Dosen PNS DPK.

Pada kegiatan sosialisasi kali ini, dihadiri sebanyak 120 Dosen PTS Kalsel dan Kalteng yang tersebar dari 45 PTS di Provinsi Kalsel dan 22 PTS di Provinsi Kalteng. Pada kesempatan kali ini, perwakilan dari Universitas PGRI Palangka Raya adalah Satriya Nugraha, S.H., M.Hum. dosen Program Studi hukum, Fakultas Hukum Universitas PGRI Palangka Raya.

Pada Sesi Pertama, Bapak Imam Suharto memberikan materi tentang jenjang jabatan karier dosen berdasarkan PERMENPAN dan RB Nomor 17 Tahun 2013 Jo Nomor 46 Tahun 2013. Beliau juga memberikan materi tingkatan jabatan karir dosen, syarat dan proses berlakunya lompat jabatan serta pengelolaan dan pemanfaatan angka kredit (KUM) yang telah dikumpulkan dosen melalui kegiatan Tri Dharmanya.

Pada Sesi Kedua, materi diberikan oleh Tim Teknis Aplikasi Sistem Informasi Angka Kredit Online (SINGKRON) Kopertis Wilayah XI Kalimantan. SINGKRON merupakan sebuah terobosan yang dilakukan oleh Kopertis Wilayah XI Kalimantan, dalam rangka peningkatan pelayanan dan kualitas pengajuan usulan jabatan fungsional dosen. Dimana sebelumnya pengajuan jabatan fungsional dosen dilakukan secara manual dan menggunakan berkas fisik, dengan adanya SINGKRON semua pengajuan usulan dilakukan secara online tanpa diperlukannya berkas fisik lagi. Baik pengajuan mulai dari Asisten Ahli (150), Lektor (200) dan Lektor (300) sedangkan untuk jabatan Lektor Kepala sampai Guru Besar, usulan dimasukan melalui Aplikasi SISTER (Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi) yang dikelola oleh Kemenristekdikti. Pada sesi kedua, lebih banyak diberikan materi tentang teknis bagaimana mengunggah dokumen usulan jabatan fungsional, baik itu bidang pendidikan dan pengajaran, bidang penelitian, bidang pengabdian dan kegiatan penunjang. 

Pada Sesi Ketiga, dilakukan tanya jawab dan diskusi bersama peserta sosialisasi, dimana terlihat saat kegiatan peserta sangat antusias dan memberikan banyak pertanyaan terkait seputaran jabatan fungsional dan SINGKRON.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Kopertis Wilayah XI Kalimantan berharap kepada seluruh dosen dilingkungan Kopertis Wilayah XI Kalimantan khususnya dosen PTS Kalsel dan Kalteng dapat secara berkelanjutan meningkatkan jabatan karirnya dan melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan tinggi nya dengan penuh tanggung jawab. (Humas UPGRIPLK. Juni.2018)

 

Unidha Universitas PGRI Palangka Raya secara resmi berdiri pada tanggal 1 September 1990. Dasar hukum SK Mendikbud RI Nomor 0152/0/1990 tertanggal 19 Maret 1990 tentang pemberian status terdaftar kepada fakultas/jurusan/program studi di Lingkungan Universitas PGRI Batang Garing. Selanjutnya dikukuhkan/ditegaskan kembali berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor 97/DIKTI/Kep/1996 tanggal 12 April 1996 tentang keberadaan Jurusan dan Program Studi di Universitas PGRI Batang Garing Palangka Raya.
© 2018 Universitas PGRI Palangka Raya Follow Universitas PGRI Palangka Raya : Facebook Twitter Linked Youtube