header-int

Training Penulisan Naskah dan Pengelolaan Jurnal dengan OJS (Open Journal System)

Kamis, 05 Jul 2018, 17:44:13 WIB - 89 View
Share
Training Penulisan Naskah dan Pengelolaan Jurnal dengan OJS (Open Journal System)

Palangka Raya - Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 yang menyatakan bahwa dosen pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Sejalan dengan hal tersebut Permenristek Dikti Nomor 44/2015 juga menekankan bahwa tugas dosen tidak hanya mengajar, akan tetapi juga melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan selanjutnya hasil penelitian dosen tersebut wajib untuk dipublikasikan di jurnal nasional dan jurnal internasional.

Sehubungan dengan hal ini, Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya bekerjasama dengan Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI) Koordinator wilayah kalimantan melaksanakan kegiatan Training penulisan naskah dan pengelolaan jurnal menggunakan sistem open journal system (OJS) di Aula Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya selama 2 (dua) hari mulai tanggal 29 - 30 Juni 2018. (30/6)

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian, Bapak Dr. Cakra Birawa yang dalam sambutannya mengatakan akan penting nya pengelolaan jurnal dan publikasi hasil penelitian menggunakan open akses yaitu melalui OJS, sehingga hasil penelitian para dosen bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Pada kegiatan kali ini narasumber terdiri dari Prof. Ir. Abdul Hadi, M.Agr., Ph.d selaku Ketua APPTI dan Kepala Pusat Perpustakaan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Serta Yoris Adi Maretta, S.Kom selaku Editor Jurnal Terindeks DOAJ dan Tim Teknis OJS Universitas Negeri Semarang.

Universitas PGRI Palangka Raya yang juga sudah memiliki Open Journal System (OJS), yaitu Jurnal Ilmu Hukum Morality, Jurnal Ilmu Pendidikan Meretas, Jurnal Ilmu Sosial Ilmu Politik JISPOL, dan Jurnal Ilmu Pertanian Agrisilvia menyambut baik kegiatan ini dalam hal pengembangan OJS yang berada di bawah naungan Universitas PGRI Palangka Raya agar bisa berkembang lebih baik ke depannya. Pada kegiatan kali ini, perwakilan yang hadir ialah Satriya Nugraha, S.H., M.Hum. selaku pengelola OJS Jurnal Ilmu Hukum Morality serta Yulia Yustha, S.Hut., M.Si selaku pengelola Jurnal Ilmu Pertanian Agrisilvika.

Narasumber hari pertama adalah Prof. Ir. Abdul Hadi, M.Agr., Ph.d, yang memberikan materi tentang Penulisan Artikel Ilmiah dan Pengelolaan Jurnal dengan OJS. Selanjutnya hari kedua Narasumber adalah Yoris Adi Maretta, S.Kom  yang memberikan materi tentang Pengelolaan Jurnal dengan OJS dimana lebih teknis mengenai bagaimana set up , hosting dan jurnal manager OJS serta materi tentang Referensi, lay out dan penataan naskah.

Selama pelaksanaan selama 2 hari, kegiatan berlangsung secara lancar dan peserta sangat antusias dalam mengikuti pertanyaan dalam sesi diskusi yang diberikan. Peserta juga diberikan pendampingan selama kegiatan terkait hal teknis tentang pengelolaan dan pengembangan OJS.

Pada kesempatan lain, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Dr. Yanetri mengatakan bahwa Training ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan informasi serta pendampingan mengenai pengelolaan OJS serta penulisan naskah yang baik. Beliau berharap kegiatan training seperti ini dapat dilakukan secara rutin, agar mutu artikel dan jurnal yang ada di Perguruan Tinggi di Kalimantan Tengah semakin meningkat dan dapat bersaing di level nasional maupun internasional. (Humas UPGRIPLK. Juni. 2018)

Unidha Universitas PGRI Palangka Raya secara resmi berdiri pada tanggal 1 September 1990. Dasar hukum SK Mendikbud RI Nomor 0152/0/1990 tertanggal 19 Maret 1990 tentang pemberian status terdaftar kepada fakultas/jurusan/program studi di Lingkungan Universitas PGRI Batang Garing. Selanjutnya dikukuhkan/ditegaskan kembali berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor 97/DIKTI/Kep/1996 tanggal 12 April 1996 tentang keberadaan Jurusan dan Program Studi di Universitas PGRI Batang Garing Palangka Raya.
© 2018 Universitas PGRI Palangka Raya Follow Universitas PGRI Palangka Raya : Facebook Twitter Linked Youtube