header-int

Universitas PGRI Palangka Raya lakukan Kunjungan ke Pusat Unggulan Iptek (PUI) ULM

Rabu, 20 Jun 2018, 20:42:02 WIB - 154 View
Share
Universitas PGRI Palangka Raya lakukan Kunjungan ke Pusat Unggulan Iptek (PUI) ULM

Salah satu target kinerja PUI PT khsusunya di bidang komersialisasi adalah kontrak non riset berupa kegiatan: pelatihan, transfer teknologi, dan jasa konsultasi baik dengan masyarakat biasa, industri maupun pemerintah.  Dalam rangka memenuhi target capaian tersebut, pada tanggal 4 September 2017 PUI PT KR PHTB kembali melaksanakan kegiatan transfer teknologi.

Transfer teknologi kali ini mengambil tema kegiatan “Pembuatan Sirup & Permen Kayu Manis”, dimana tema tersebut merupakan permintaan dari mitra yaitu kalangan akademisi (pimpinan, dosen dan perwakilan mahasiswa) dari Universitas PGRI Palangkaraya.  Mitra melakukan studi banding di PUI PT KR PHTB, dan bersamaan dengan itu mereka ingin dilatih tentang cara pembuatan permen dan sirup khususnya dari kayu manis.

Adapun tim dari PUI PT KR PHTB berjumlah 3 orang, diketuai oleh Siti Hamidah, S.Hut, M.P. dengan anggota Hj. Arfa Agustina Rezekiah, S.Hut, M.P. dan Hj. Adistina Fitriani, S.Hut, M.P., dibantu 3 orang asisten dari alumni mahasiswa Fakultas Kehutanan Unlam, yang pernah menjadi anggota PMW binaan PUI PT. KR PHTB, yaitu: Hasna Qoria, S.Hut, Maulinda, S.Hut dan Nur Syifa Sa’ziah, S.Hut.  Sementara itu dari pihak mitra,yaitu dari Universitas PGRI Palangkaraya berjumlah 16 orang, terdiri dari unsur pimpinan (Wakil Rektor 3, Kaprodi, Ketua LPM, Ketua LPPM), perwakilan dosen dan perwakilan mahasiwa dan alumni.

Acara diselenggarakan di Ruang Sidang PUI PT KR PHTB, Gedung IV Unlam Banjarbaru, terdiri 2 sesi, yaitu: sesi pertama adalah pemaparan materi dan sesi kedua praktik pembuatan sirup dan permen kayu manis.  Pemaparan materi diisi dengan kiat membuat sirup dan permen kayu manis, standar SNI sirup dan permen serta cara pengemasan dan pembuatan merek.

sumber : PUSINOTEKOM Hutan dan Lahan Basah Universitas Lambung Mangkurat

Unidha Universitas PGRI Palangka Raya secara resmi berdiri pada tanggal 1 September 1990. Dasar hukum SK Mendikbud RI Nomor 0152/0/1990 tertanggal 19 Maret 1990 tentang pemberian status terdaftar kepada fakultas/jurusan/program studi di Lingkungan Universitas PGRI Batang Garing. Selanjutnya dikukuhkan/ditegaskan kembali berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor 97/DIKTI/Kep/1996 tanggal 12 April 1996 tentang keberadaan Jurusan dan Program Studi di Universitas PGRI Batang Garing Palangka Raya.
© 2019 Universitas PGRI Palangka Raya Follow Universitas PGRI Palangka Raya : Facebook Twitter Linked Youtube